Minggu, 19 Februari 2012

TUGAS KKPI XI MULTIMEDIA

Jawablah pertanyaan di bawah ini
Apa yang anda ketahui tentang
  1. Database
  2. Database relasional
  3. Database management system
  4. Program aplikasi
  5. Sistem database
  6. Data
  7. Informasi
  8. Table
  9. Formulir
  10. Record
  11. Query
  12. Field
  13. Report
  14. Primary Key
Jawaban :

  1. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
  2. Sebuah sistem manajemen basisdata relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.
  3. Database management system adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.
  4. Program aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
  5. Sistem database adalah perpaduan antarabasis data dan system manajemen basis data (SMBD).
  6. Data adalah catatan atas kumpulan fakta.[1] Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
  7. Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan.
  8. Table adalah adalah seperangkat elemen data (nilai) yang diselenggarakan menggunakan model kolom vertikal (yang diidentifikasi dengan nama mereka) dan baris horisontal. Sebuah tabel memiliki sejumlah kolom tertentu, tetapi dapat memiliki jumlah baris [kutipan diperlukan]. Setiap baris diidentifikasi oleh nilai-nilai yang muncul dalam subset kolom tertentu yang telah diidentifikasi sebagai kunci kandidat.
  9. Formulir adalah adalah sebuah kertas yang berisi beberapa pertanyaan formal yang harus diisi.
  10. Record adalah kumpulan elemen-elemen data yang digabungkan menjadi satu kesatuan, masing-nasing elemen data tersebut dikenal dengan sebutan field. Masing-masing record menyimpan data hanya sekitar satu entitas, yang bisa berupa orang, tempat benda dan peristiwa atau gejala. Contoh record bisa saja nama dan alamat Anda dan Nomor Jaminan sosial Anda.
  11. Query adalah semacam kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari table-tabel yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan. data apa yang ingin kita tampilkan.
  12. Field adalah sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter (byte). Ia merupakan unit terkecil dari informasi berharga dalam database. setiap field memiliki nama field yang menggambarkan jenis data yang harus dimasukkan ke dalam field. Contoh field adalah nama pertama Anda, alamat jalan, atau jenis kelamin Anda.
    Field dapat didesain dengan panjang maksimun terntentu. Field juga dapat didesain dengan tipe data berbeda, semisal hanya teks, atau hanya angka, tanggal, waktu, atau bahkan hanya jawaban “ya” dan “tidak”, link web, gambar, suara dan video.
  13. Report adalah titik akhir dari proses pembuatan database dalam Microsoft Acces. Report akan memberikan gambaran kepada pemakai tentang hasil akhir pengolahan data menggunakan program Microsoft Acces.
  14. Primary Key (Kunci Primer) merupakan suatu atribute atau satu set minimal atribute yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian spesifik, tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas.
    Primary key dipilih berdasrkan kemampuan atribute dalam mewakili data secara menyeluiruh terhadap entitas yang ada.
    Contoh:
    No.Induk Pegawai (NIP) ditetapkan sebagai Primary Key dari Entitas Pegawai. Karena NIP tiap pegawai bersifat UNIK dan tidak mungkin ganda serta mewakili secara menyeluruh terhadap Entitas Pegawai dan setiap pegawai pasti memiliki nomor induk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar